Rapat Sosialisasi Form Fisik Sungai (SILUSI) Balai PSDA PROBOLO

0
190

Purworejo,Mediacakra.com-Dinas PUSDA TARU Provinsi Jawa Tengah mengadakan Sosialisasi Sistem Penelusuran Sungai Dan Informasi Kondisi Fisik Sungai Dan Prasarana Sungai (SiLUSI) bertempat di Ruang Rapat Kantor Balai PSDA Progo Bogo Luk ULO di Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Senin (22/02).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Sarwono ST.MT. Kunarto ST MT.Dra.Heni asih N MM,Kepala Balai PSDA Probolo,Para Kordinator Pengelola Kelompok Wilayah beserta Staf,Kepala Seksi Oprasi Dan Pemeliharaan Balai PSDA Probolo Dan Seksi Dalguna.

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Progo Bogo Wonto Luk ULO Ir Diyah Purbandari MT.
Dalam sambutanya
Mengucapkan terima kasih atas kehadiran para Narasumber dari Dinas Pusda Taru Provinsi Jawa Tengah,semoga Sosialisasi Penelusuran Sungai dan Informasi Kondisi Fisik Sungai dan Prasarana Sungai (SILUSI) bisa menambah wawasan bagi karyawan dan karyawati yang ada di Balai PSDA Probolo.Terang Diyah.

Kunarto ST.M.T selaku narasumber dari Pusda Taru Jawa tengah memaparkan di era digitalisasi sekarang ini seksi Oprasi dan Pemeliharaan Sungai,Bendung dan pantai berinovasi dengan membuat aplikasi penilaian sungai dan sarpras sungai yang di beri nama
Sistem penelusuran sungai dan informasi kondisi fisik sungai dan prasarana sungai (SILUSI).

Selain itu Kunarto ST MT. menjelaskan sosialisasi ini bertujuan untuk membuat laporan kondisi sungai baik sarana maupun prasarana agar dapat menginput semi manual dengan androit,selama ini dalam penelusuran sungai belum adanya pengelolaan sungai yang berbasis digital.

Untuk itu dengan adanya sistim ini dalam penelusuran sungai bisa langsung dapat di terima oleh dinas tanpa harus menyerahkan berkas secara manual sehingga menghemat waktu maupun keakuratan data di wilayah probolo sungai menjadi wewenang BBWSO untuk itu diharapkan ada koordinasi yang baik dalam penelusuran jaringan sungai sehingga mendapatkan data yang
sama.Terangnya.

Kemudian Narasumber Sarwono ST.MT menjelaskan mengenai bagian sungai dan sempadan sungai
mengajak para peserta praktik menuju lapangan untuk melakukan uji coba aplikasi android penilaian kondisi sungai SILUSI di sungai dlangu Desa Kaliwatu Bumi Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo.

Sarwono juga memberikan arahan kepada seluruh peserta tentang aplikasi ini dapat diakses melalui https://s.id/kfsprobolo didalam aplikasi tersebut kita sudah diarahkan untuk penilaian kondisi fisik sungai seperti, bantaran sungai, palung,muara, kondisi air serta tanggul sungai dengan kriteria baik rusak sedang maupun rusak berat.Ucapnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya aplikasi ini diharapkan mempunyai terobosan inovasi khususnya penelusuran jaringan sungai yang dapat di akses melalui android atau digital.

Ide atau gagasan yang cemerlang dilakukan oleh Sarwono ST.MT.salah satu yang berhasil di Dinas Pusda- Taru Jawa Tengah adalah pada tahun 2015 yaitu,membuat Aplikasi Pembagian Air Irigasi (APEMASI).

Ketika itu dalam pembagian air irigasi membutuhkan waktu 15 hari,tetapi dengan sistem Apemasi dapat diproses dalam waktu dua
menit.Kata Sarwono.

Sementara di tempat yang sama Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Balai PSDA Probolo Fredy Nurcahya ST.MT. menambahkan kegitan ini mengacu kepada protokol kesehatan sehingga peserta sangat terbatas.

Beliau mengharapkan kepada para peserta untuk benar-benar meperhatikan apa yang telah disampaikan para narasumber dicatat sebagai wawasan menambah ilmu.

Apalagi di era dengan munculnya email dan social media seperti sekarang ini ketika kita tidak mau belajar akan ketinggalan.ujarnya

Jaman semakin canggih kita bisa mengirimkan kabar dengan keluarga via Video Line ataupun Whatsapp semua seakan tanpa ada batasan waktu.

“Kita juga bisa kirim surat melalui email secara cepat dan bisa menyebarkan informasi via Twitter dan Instagram apa lagi di semua Itasnsi Kantor Pemerintahan ASN semakin berkurang tentu dengan adanya informasi digital ini kita bisa lebih cepat memberikan pelayanan kepada masyarakt.Tegas Fredy.

(Marno Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here