Pesta Siaga Semarang 2021 Dilakukan Secara Virtual

0
275

Tengaran,Mediacakra.com-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Semarang menggelar pesta siaga secara virtual. Kegiatan pembinaan mental dan fisik anggota pramuka kelompok sekolah dasar dan sederajat itu diikuti tidak kurang dari 300 peserta. Pembukaan acara dilakukan secara daring oleh ketua Kwartir Cabang Sukaton Purtomo di ruang multi media PP PAUDNI dan Dikmas Jateng di Ungaran, Senin (24/5/2021) pagi.

Ketua panitia pelaksana pesta siaga, Neni Trihadi Kusumawardani menjelaskan karena masih masa pandemi Covid-19, pesta siaga dilaksanakan secara daring. Para peserta yang berasal dari kwartir cabang atau kecamatan memanfaatkan media zoom meeting, google form maupun kanal You tube untuk memamerkan ketrampilan dan keahliannya. “Jadi peserta memperagakan atau mempraktikkan materi lomba lewat media internet dari markas kwaran, gugus depan ataupun dari rumah,” terangnya.

Neni menambahkan Bentuk kegiatan yang dilombakan memuat aspek spiritual, emosional, intelektual dan kemampuan fisik. Peserta berasal dari perwakilan 18 kwartir ranting se Kabupaten Semarang. Masing-masing kwaran mengirimkan satu barung putra dan putri berjumlah 16 orang. Melalui Pesta Siaga ini, lanjut Neni.

Diharapkan dapat dibentuk generasi muda yang bermental baik dan memiliki kemampuan fisik serta intelektual yang memadai.Pembinaan karakter generasi muda tetap harus dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan,

Ditambahkan oleh Neni, kegiatan pesta siaga bertema “Sehat, Cerdas, Kreatif, Responsif, akan berlangsung 24-29 Mei. “Empat barung tergiat akan mewakili Kabupaten Semarang mengikuti kegiatan yang sama tingkat Jawa Tengah pada pertengahan Juni mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu Pantauan awak media di SD Tengaran kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Senin 24 Mei 2021 pagi nampak sejumlah adik adik pramuka tengah mengikuti acara yang dilakukan dengan daring tersebut.

Kepada awak media Kamabigus Kak Eko Lesmono mengatakan pelaksanaan pesta siaga akan berlangsung 6 hari kedepan “mulai hari ini sampai dengan tanggal 29 Mei mendatang akan dilangsungkan acara Virtual, harapannya nanti anak-anaknya juga bisa menjadi teladan bagi anak-anak yang lain yang ada di lingkunggannya salah satu juga dalam rangka pencegahan penularam covid 19” tuturnya.

Kak Eko berharap dengan ajang ini akan mampu menumbuhkan jiwa semanggat adik adik pramuka untuk melakukan 5 M.

“Kakak berharap adik adik pramuka ini jadi agen perubahan salah 1 sasaran dalam pencegahan covid 19 minimal untuk teman satu sekolahnya” ungkap Eko Lesmono.

Inez Rahmawati salah seorang peserta Pesta siaga mengaku senang bisa mengikuti kegiatan meki dengan cara virtual kali ini.

(rief/cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here