Pengamanan Barang Milik Negara Dalam Rangka Tertib Admistrasi,Tertib Fisik dan Tertib Hukum

0
342

Temanggung,Mediacakra.com-Peraturan  Pemerintah nomer  27 Tahun 2014 tentang pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah mengamanatkan  kepada pengguna barang melakukan pemantauan dan penertiban terhadap penggunaan  pemanfaatan,penatausahaan,pemeliharaan dan pengamanan Barang Milik Negara/Daerah  yang di bawah penguasaannya.

Pelaksanaan pemantauan dan penertiban terhadap penggunaan pemanfaatan pemindahtanganan ,penatausahaan  pemeliharaan dan pengaman.

Barang Milik Negara/Daerah tersebut di perlukan untuk mewujudkan tertip pengolaan Barang Milik Negara(BMN) yang tercermin dalam tertib hukum,adminitrasi fan tertip fisik .

Untuk mencegah terjadinya penurunan fungsi barang,penurunan jumlah barang dan hilangnya barang.

Terkait tanah kalau di biarkan sangat riskan sekali karena bisa di manfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan atau mendirikan bangunan tanpa seijin atau sepengetahuan pengguna barang.

Untuk pengamanan secara fisik terhadap obyek tanah dapat dilakukan dengan memasang tanda kepemilikan.Dilarang masuk atau memanfaatkan tanah dengan ancaman pasal 167( ayat 1) KUHP, pasal 389 KUHP dan pasal 551 KUHP.

Pengamanan dari aspek hukum di lakukan agar BMN terjaga,terlindungi dari potensi seperti sengketa aset berih kepemilikan kepada pihak lain secara tidak sah.

Hal tersebut menindak lanjuti Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Tengah No.5/15 juni 2021 tentang Optimalisasi Pengamanan Fisik ,Adminitrasi dan Hukum terhadap Aset milik  Provinsi Jawa Tengah.

Kemudian Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Progo Bogowonto Luk ULO Kutoarjo melakukan  penelusuran  lapangan di temukan satu bidang tanah yang terletak di Saluran induk Soropadan HM 76 di Desa Kebumen ,Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Jawa Tengah  seluas kurang  lebih 200m² yang di klaim oleh mayarakat bahwa tanah tersebut hak miliknya.

Atas dasar tersebut  Balai PSDA Probolo yang di dampingi oleh Korpokla Progo Hulu, mantri,dan staf pengolah data melakukan kordinasi dengan Kepala Desa Kebumen,Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung pada hari Senin (21/6/2021).

Dari hasil kordinasi tersebut mendapat gambaran bahwa sesaui Peta Desa Kebumen sebidang tanah tersebut berupa tanah Eigendom Verponding (R.V.R) Tanah Warisan dari jaman Kolonial Belanda,hal tersebut sesuai leger tanah irigasi Daerah irigasi Saluran Induk Soropadan.

Pada Hari Selasa (22/6) dari Balai PSDA Probolo melalui Kordinator Kelompok Wilayah  Progo Hulu mengambil langkah cepat untuk memasang papan nama.pungkasnya.

(Marno Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here