Old Public Administration (OPA ) New Public Management ( NPM ) New Public Service ( NPS ) Dikaitkan Dengan Etika Administrasi Publik

0
4725

Cilacap,Mediacakra.com-Perkembangan paradigma Administrasi Publik di berbagai negara dipengaruhi kompleksitas persoalan yang dihadapi oleh pergeseran paradigma ini membawa implikasi terhadap penyelenggaraan administrator publik.

Menurut Janet V Denhardt dan Robert B.
Denhardt yang dalam bukunya berjudul “The New Public Service : Serving Not Steering membagi paradigma Administrasi Negara Menjadi tiga kelompok yaitu Old Public Administration ( OPA ) New Public Management ( NPM ) New Public Service ( NPS ).

Old Public Administration ( OPA ) merupakan model Administrasi Publik lama yang di kembangkan dalam konteks kontitusi liberal, ada tiga nama yang mempengaruhinya yaitu Max Weber,Woodrow Wilsons dan Frederick Taylor, mereka menulis di dalam bukunya berjudul ” The Study Of Administration ” yang di masa abad ke 19 dalam dua dekade di masa sejarah AS pada tahun 1887.

New Public Management ( NPM ) adalah Management yang baru dan muncul sebagai tanggapan terhadap kompleksitas yang meningkat dan krisis fisikal terhadap pemerintah dari berbagai negara, karena di nilai organisasi Publik lama tidak produktif ,tidak efektif,tidak efisien juga kurang inovasi, akhirnya muncul gerakan reformasi Management, beberapa negara juga banyak yang menggunakan karena banyak memberikan perubahan positif dalam implementasi diberbagai sektor Publik.

Sedangkan New Public Service ( NPS ) Konsep ini muncul juga di latarbelakangi akibat kritikan terhadap New Public Management ( NPM ) karena dianggap sebagai paradigma yang telah melupakan tugas utama pemerintah.

Dimasa pandemi Covid ini banyak sekali persoalan yang di hadapi masyarakat seperti di dunia pendidikan sistim belajar via internet hal ini di sikapi positif oleh kebijakan Kelurahan Sidanegara dengan alamat Jalan Cerme Cilacap tengah kabupaten Cilacap, yaitu memberikan pelayanan jaringan internet gratis ( wifi ) bagi siswa siswi/murid sekolah yang membutuhkan untuk mendukung pembelajaran daring ( Online ).

Selama ada kegiatan yang di Kelurahan Sidanegara berjalan Lancar Sukses Selalu dan selama pandemi Covid mengutamakan Protokoler Kesehatan yaitu 3 M,Memakai Masker,Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak.

Di tulis oleh Octavian Panji Setiawan (Lurah Sidanegara).

(Yudi Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here