Joko Tirtono SH :Divkum LCKI Prov Jateng Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Tertembaknya Wartawan Di Sumut

0
197

Salatiga,Mediacakra.com -Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) mengutuk keras tindakan oknum yang tewas ditembak Orang Tidak Dikenal (OTK) pada Sabtu (10/6/2021) dinihari.

Diketahui, korban bernama Mara Salem Harahap atau akrab disapa Marsal ialah pimpinan redaksi Lassernewstoday.com.

Marsal ditembak tidak jauh dari rumahnya, sekitar 300 meter, di Pasar 3 Huta Tuju, Nagori Karang Anyer, Kecamatan Gunung Maligas.

“Kami turut berduka cita. Selain itu, dari catatan kami dari Mei – Juni telah terjadi 4 dugaan tindak pidana yang dialami insan pers di Sumatera utara,” kata Divkum LCKI Prov Jateng Joko Tirtono SH,Minggu (20/6/2021).

Menyikapi hal tersebut, LCKI Prov Jawa Tengah meminta kepada aparat penegak hukum dalam hal ini Polda Sumut dan jajarannya untuk segera mengungkap kasus yang menimpa rekan pers.

“Ini ancaman serius bagi rekan pers dan tidak bisa di biarkan begitu saja. Jika ini lambat di ungkap atau bahkan tidak diungkap maka hal tersebut sangat membahayakan bagi insan pers sebagai pilar Demokrasi dan Ini tragedi yang serius dunia akan kelam kalau insan pers dalam memperoleh berita serta menulisnya akan terancam nyawanya atau dalam tekanan orang lain UNDER PRESURE,Ini pembunuhan yang diduga direncanakan oleh si penembak dan bisa diancam pasal 338 KUHP karena menghilangkan nyawa orang lain.ujar Joko Tirtono yang selama 12 tahun pernah menjadi Jurnalis.

Menurutnya juga perlu dikampanyekan ke publik untuk menyampaikan ke masyarakat luas jika pers dalam menjalankan tugasnya dijamin dan dilindungi oleh undang-undang.

“Sehingga ke depannya tidak ada lagi insan Pers yg di Intimidasi atau bahkan dikriminalisasi. Dengan catatan insan pers dalam menjalankan tugasnya dengan cara – cara yang baik, benar, dan berdasarkan UU,” tegasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here