Diduga Oven Bocor Pabrik Kayu Terbakar

0
59

KENDAL,Mediacakra.com – Kebakaran nyaris menghanguskan pabrik pengolahan kayu di desa protomulyo Kaliwungu Selatan Kamis malam. Kebakaran diduga karena oven terlalu panas dan bocor. Kamis (29/09/2022)

Api membesar karena banyak bahan yang mudah terbakar. Beruntung api tidak menjalar ke seluruh bangunan pabrik, setelah dua unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Karyawan pabrik mengatajan, api sudah terlihat dibagian bawah tungku dan semakin membesar. “Apinya akibat tungku yang bocor dan menyambar tumpukan kayu didalam mesin oven,”jelas Fahrul, karyawan pabrik.

Sejumlah karyawan juga mengamankan tumpukan kayu menjauh dari tungku agar tidak ikut terbakar.

Kapolsek Kaliwungu AKP Slamet Mustamto menjelaskan kronogi kejadian menurut keterangan saksi Bambang Riyono sekira Pkl. 19. 00 Wib saksi yang bertugas sebagai karyawan bagian penjaga oven melihat kepulan asap dari tempat Oven / pengeringan Kayu. Karena terlihat percikan api dan  kepulan asap terus membesar  maka  saksi 1 bersama dan 10 orang karyawan CV. Alamut Bumi Wisesa yang sedang lembur  membuka tempat Oven untuk memadamkan api menggunakan Apar dan peralatan seadanya. Api baru bisa dikuasai dan dipadamkan menggunakan  2 unit damkar dari Kecamatan Kaliwungu.

“Korban Jiwa Nihil , Kerugian Materiil 5 kubik kayu dan tungku oven hangus terbakar yang ditaksir. Rp. 15.000.000 ( Lima belas juta rupiah ). Menurut keterangan saksi – saksi di duga terjadi kebocoran tungku sebelah kiri,” ujar Kapolsek Kaliwungu.

Petugas Polsek Kaliwungu memeriksa sejumlah karyawan untuk mengetahui penyebab kebakaran. Api berhasil dipadamkan selang 30 menit.

(Nardi Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here