Danrem 072/Pamungkas Bersama Forkompimda DIY Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

0
173

Yogyakarta,Mediacakra.com-Danrem 072/Pamungkas “Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., M.M. bersama Wakil Gubernur  DIY, Sri Paduka Paku Alam X dan Sekda DIY beserta Forkopimda DIY, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dari Gedung Pancasila, Kantor Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Jakarta. Selasa (01/06)

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Dalam amanatnya yang disampaikan pada saat upacara, Jokowi mengingatkan agar hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni benar-benar dapat dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi oleh Pancasila tidaklah ringan, globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” ungkap Jokowi dalam pidatonya. Ia menghimbau, bahwa yang patut diwaspadai oleh kita semua adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi. Dalam hal ini, termasuk rivalitas antara pandangan nilai-nilai dan rivalitas ideologi.

“Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas Negara. Ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia akan semakin mudah dan cepat,” jelas Jokowi.

Oleh karena itu, sekali lagi Jokowi berpesan, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. “Pancasila harus menjadi pondasi dalam megembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan,” ucapnya.

Jokowi mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum professional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju seperti yang dicita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucap Jokowi diakhir pidatonya.

(Penrem072/Pmk/Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here