BARU BEBERAPA BULAN DIBANGUN PROYEK TEMBOK PENAHAN TANAH (TPT)/PLENGSENGAN DI DESA KARANG ANOM KEC KANDEMAN AMBRUK

0
958

Kab.Batang,Mediacakra.com-Program Dana Desa untuk Proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) atau plengsengan yang anggarannya bersumber dari DD diduga pengerjaannya asal-asalan dan disinyalir tidak sesuai dengan RAB konstruksi bangunan, akibatnya bangunan yang usianya hanya dalam hitungan bulan ini kini telah ambruk.Rabu (24/3/2021).

Seperti hal terjadi, Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dikerjakan pemerintah desa (Pemdes) desa karang anom Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang,Jawa Tengah diduga mark,up anggaran karena dalam pekerjaan baru dibangun enam bulan ambruk sepanjang kurang lebih 10 meter.

Hal ini dikatakan Salah satu warga setempat, pada saat ditemui awak media mengatakan bahwa Tembok Penahan Tanah (TPT) tersebut dibangun menggunakan sumber dana dari Dana Desa (DD)T.A 2020 sebesar kurang lebih
Rp.60.580.000,- .

”Ambrolnya bangunan TPT yang dibangun kurang lebih sepanjang 10 meter tersebut diduga tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB), Seperti adukan semen tidak maksimal, batu yang dipakai tidak memenuhi standard yaitu Batu blonos , dan tanpa adanya tros besi untuk penahan kekuatan karena kedalamannya kurang lebih 5meter, bahkan bangunan posisi pemasangan TPT tersebut berdiri terlalu tegak. Padahal, seharusnya dibangun dengan sedikit ada garis kemiringan agar ketahanan tembok menjadi kuat. akhirnya terjadi ambruk sepanjang kurang lebih 10 meter, baru dibangun enam bulan Dan sudah ambruk.

“Bahwa dalam penerapan Bangunan TPT oleh pekerja atau tukang bangunan yang masih team sukses sekdes yang di fasilitas oleh TPK DD desa karang anom terkesan asal jadi. bahkan terpantau juga penerapan bagian atas TPT tidak rapi dan tidak pula dilakukan Pondasi yang dalam dulu awal pekerjaan pondasi tersebut menggali sedikit kedalaman nya, dan gunakan tros besi lalu lakukan pengecoran untuk memperkuat bangunan TPT karena ketinggian kurang lebih 5 meter untuk penahan kekuatan”.

Siapakah yang bertanggung jawab Mas ? pertanyaan Salah Satu warga kepada awak media.

(Eko Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here